=================================
Matan :
ثُمَّ صَارَ هَذَا الأَمْرُ لَا يُعْرَفُ عِنْدَ أَكْثَرِ مَنْ يَدَّعِي الْعِلْمَ فَكَيْفَ العَمَلُ بِهِ؟
=================================
Syarah:
صار هذا الأصل لا يعرف عند كثير ممن يدعي العلم، فيجهلون مسألة السمع و الطاعة و ما لها من فضل و ما لها من أهمية، فكيف بالعوام و هم أشد جهلا في هذا؟
فصار - الشجاع - الذي يأمر بالمعروف و ينهى عن المنكر عندهم و الذي لا تأخذه في الله لومة لائم، عندهم: هو الذي يخرج على امام المسلمين، و يخلع يد الطاعة، و ينادى بالثورة على الحكام المسلمين بمجرد حصول خطأ منهم، أو معصية لا تصل إلى حد الكفر.
و صار حديث المجالس و الندوات و المحاضرات في تتبع عثرات الولاة و تفخيمها و النفخ فيها، حتى يئول الأمر إلى تفرق الكلمة، و تنفير الرعية من طاعة ولي الأمر حتى يختلَّ الأمن و تسفك الدماء، و يئول الأمر إلى فساد أشد من الفساد الذي يحصل من الصبر على طاعة ولي الأمر الفاسق و الظالم الذي عندهم لم يصدر منه كفر بواح عندهم عليه من الله سلطان.
******************************************
Matan:
Kemudian urusan ini menjadi tidak diketahui oleh kebanyakan orang yang mendakwahkan ilmu, maka bagaimana beramal dengannya (beramal dengan persatuan dan kepemimpinan serta mendengar dan taat terhadap pemimpin)?
******************************************
Syarah:
Azaz ini menjadi tidak diketahui oleh banyaknya dari orang-orang yang mendakwahkan ilmu, sehingga mereka tidak mengetahui masalah mendengar dan taat, dan apa-apa keutamaan yang ada padanya dan apa-apa hal pentingl. yang ada padanya, maka bagaimanakah dengan orang-orang awam sedangkan mereka lebih besar ketidaktahuannya dalam hal ini.
Sehingga pemberani -yang (seharusnya definisinya adalah yang) memerintahkan kepada yang ma'ruf dan melarang kepada kemungkaran disisi mereka dan orang yang tidak memperdulikan celaan para pencela. Menurut mereka syuja/pemberani itu adalah orang yang keluar dari imamnya orang-orang muslim, dan mencabut ketaatannya, dan menyerukan kepada pemberontakan atas pemerintahnya kaum muslim karena terjadinya kesalahan dari penguasa atau maksiat yang tidak sampai kepada kekufuran.
Dan ceramah majelis-majelis, dan seminar-seminar dan tanya-jawab, menjadi penyelidikan kepada ketergelinciran penguasa dan kemewahan penguasa dan kesombongan penguasa, sampai perkara tersebut berubah menjadi perpecahan pendapat, dan penolakan pandangan tentang mentaati pemimpin, hingga keamanan terganggu dan tertumpahkan darah (nyawa).
Perkara tersebut berubah menjadi kerusakan yang lebih besar dari kerusakan yang dihasilkan apabila kesabaran (dilakukan) diatas ketaatan kepada pemimpin yang fasiq dan dzolim, yang disisi mereka itu tidaklah muncul kekafiran yang tampak dengan hal tersebut, disisi mereka ada kekuasaan untuk itu (memberantas pemberontak) dari Allah.
******************************************
Tidak ada komentar:
Posting Komentar