Sabtu, 12 Januari 2019

شرح الأصول الستَّةِ.20

=================================
Matan :

فَأِنْ لَمْ يَكُوْنِ الإنْسَانُ كَذَلِكَ فَلْيُعْرِضْ عَنْهُمَا فَرْضًا حَتْمًا  لَا شَكَّ وَ لَا إِسْكَالَ فِيْهِ، وَ مَنْ طَلَبَ الهُدَى مِنْهُمَا فَهُوَ : إمَّا جِنْدِيْقٌ أَوْ مَجْنُوْنٌ، لِأَجَلِ صُعُوْبَةِ فَهْمِهِمَا ، فَسُبْحَانَ اللهِ وَ بِحَمْدِهِ كَمْ بَيَّنَ اللهُ سُبْحَانَهُ   شَرْعًا و َ قَدَرًا، خَلْقً وَ أَمْرًا فِيْ رَدِّ هَذِهِ الشُبْهَةَ المَلْعُوْنَةِ مِنْ وُجُوْهٍ شَتّى بَلَغَتْ إِلَى  حَدِّ الضَرُوْرِيَاتِ الْعَامّةِ. { وَ لَكِنَّ أَكْثَرَ النَاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ } (الأعراف : ١٨٧) ،{ لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلَىٰ أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ. إِنَّا جَعَلْنَا فِي أَعْنَاقِهِمْ أَغْلَالًا فَهِيَ إِلَى الْأَذْقَانِ فَهُمْ مُقْمَحُونَ. وَجَعَلْنَا مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَاهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُونَ. وَسَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ. إِنَّمَا تُنْذِرُ مَنِ اتَّبَعَ الذِّكْرَ وَخَشِيَ الرَّحْمَٰنَ بِالْغَيْبِ ۖ فَبَشِّرْهُ بِمَغْفِرَةٍ وَأَجْرٍ كَرِيمٍ} (يس : ٧-١١)

آخِرُهُ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

=================================
Syarah:

هذه الآيات في المعرضين عن تدبر كلام الله و كلام الرسول صلى الله عليه و سلم، و في آخرها الذي منّ الله عليه و هو { مَنِ اتَّبَعَ الذِّكْرَ وَخَشِيَ الرَّحْمَٰنَ} (يس:١١) فهذا مثال للفريقين.

ختم الرسالة بمثل ما بدأها به بحمد الله و الصلاة و السلام على رسوله، و هذا من محاسن التأليف و التعليم و ذلك بالثناء على الله أولا و أخرا.

و صلاة و سلام على رسوله معلم الخير و بداعي إلى الله، صلى الله عليه و على آله و صحبه و من اهتدى بهديه و سار على نهجه و تَمَسِّكَ بسنته إلى يوم الدين، و الحمد لله رب العالمين.

******************************************
Matan:

(Menurut mereka) Maka apabila manusia itu tidak seperti itu (seperti mujtahid mutlaq) maka agar menghindarlah dari al-qur'an dan sunnah secara wajib serta pasti dengan tidak ada keraguan dan tidak ada keanehan di dalamnya, dan barang siapa menuntut pentunjuk dari keduanya maka dia itu : barang kali orang zindiq atau orang gila karena alasan sulitnya memahami keduanya.
Maka maha suci Allah dan dengan pujian kepada Nya, seberapa banyak Allah subhanahu telah menjelaskan syariat dan taqdir, dan penciptaan dan perintah pada bantahan kerancuan yang dilaknat ini, dari sisi yang bermacam yang bantahan ini telah sampai pada batasan darurat bagi umat.

{ وَ لَكِنَّ أَكْثَرَ النَاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ } (الأعراف : ١٨٧)

"Akan tetapi kebanyakan manusia itu tidak mengetahui" (Al-araf 187)

لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلَىٰ أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ. إِنَّا جَعَلْنَا فِي أَعْنَاقِهِمْ أَغْلَالًا فَهِيَ إِلَى الْأَذْقَانِ فَهُمْ مُقْمَحُونَ. وَجَعَلْنَا مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَاهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُونَ. وَسَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ. إِنَّمَا تُنْذِرُ مَنِ اتَّبَعَ الذِّكْرَ وَخَشِيَ الرَّحْمَٰنَ بِالْغَيْبِ ۖ فَبَشِّرْهُ بِمَغْفِرَةٍ وَأَجْرٍ كَرِيمٍ} (يس : ٧-١١)

"Sungguh telah pasti ucapan (hukum) atas kebanyakan mereka karena mereka tidak beriman. Sesungguhnya kami telah menjadikan pada leher-leher mereka  belenggu-belenggu maka belenggu itu (dari tangan) sampai dagu-dagu mereka sehingga mereka menengadah. Dan Kami jadikan di hadapan mereka sekat (dinding) dan di belakang mereka juga sekat, dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat. Dan sama saja bagi mereka, apakah engkau memberi peringatan kepada mereka atau engkau tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman juga. Sesungguhnya engkau hanya memberi peringatan kepada orang-orang yang mau mengikuti peringatan dan yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, walaupun mereka tidak melihat-Nya. Maka berilah mereka kabar gembira dengan ampunan dan pahala yang mulia. (Surat Ya-Sin, Ayat 7- 11)

(ini adalah) Akhirnya, dan segala puji bagi Allah rabb semesta alam, dan sholawat Allah kepada sayidina Muhammad dan kepada keluarganya dan sahabatnya dan keselamatan yang banyak hingga hari pembalasan

*****************************************
Syarah:

Ayat-ayat ini untuk orang-orang yang menolak dari mentadaburi kalam Allah dan kalam rasul sholallahu alaihibwa salam dan diakhirnya (surat yasin ayat 11) Allah telah memberikan anugrah  kepada seseorang, dan dia adalah orang :

{ مَنِ اتَّبَعَ الذِّكْرَ وَخَشِيَ الرَّحْمَٰنَ} (يس:١١)

"orang yang mengikuti petunjuk dan orang yang takut kepada Allah".
Dan ini adalah permisalan untuk dua sisi (kelompok).

Syaikh menyelesaikah risalah ini dengan (menggunakan) apa yang dengan itu beliau memulainya yaitu dengan hamdallah dan dengan sholawat dan salam kepada rasul-Nya, dan ini termasuk dari kebaikan penulisan dan pembelajaran dan itu adalah dengan pujian kepada Allah pada awalnya dan pada akhirnya.

Dan sholawat serta salam kepada rashmulnya yang mengajarkan kebaikan, dan dengan berdoa kepada Allah, sholallahu alaihi wa ala alihi wa sohbihi dan orang yang dia menunjuki dengan petunjuk Allah dan orang yang dia berjalan kepasa kebahagiaannya dan orang yang berpegang teguh kepada sunnahnya sampai hari pembalasan, dan segala puji bagi Allah rabb semesta alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar