=================================
Matan:
وَ الْمُجْتَهِدُ هُوَ الْمَوْصُوْفُ بِكَذَا وَ كَذَا أوْصَافًا لَعَلَّهَا لَا تُوْجَدُ تَامَّةً فِيْ أبِيْ بَكْرٍ وَ عُمَرَ.
=================================
Syarah:
يضعون شروطا للمجتهد المطلق قد لا توجد تامة فيمن هم من أفضل الناس مثل أبي بكر و عمر، و هذا الشروط وضعوها من عند أنفسهم.
يقول الله تعالى: { أَفَلَا يَتَدَبَّرُوْنَ الْقُرْآنَ} (النساء :٨٢) هذا عام للمسلمين، كلٌ يعرف من القرآن ما يسّر الله له، فالعامي يصل على ما يستطيع، و المتعلم يصل على ما يستطيع، و الراسخ في العلم يصل على ما يستطيع، { أَنْزَلَ مِنَ السَمَاءِ مَاءً فَساَلَتْ أوْدِيَةٌ بِقَدْرِهَا} ( الرعد: ١٧). كل واد يأخذ من السيل قدره، كذلك العلم أنزله الله، و كل قلب يأخذ منه بقدرٍ، قلب العامي و قلب المتعلم و قلب العالم و قلب الراسخ في العلم، كل واحد يأخذ بقدره، و بقدر ما أعطاه الله من الفهم، أما أنه لا يفهم شيئًا من القرآن إلّا المجتهد المطلق، فهذا كلام غير صحيح.
و يقولون : محاولة فهم القرآن من التكليف بما لا يستطاع، و الشروط التي ذكرها العلماء و قالوا : لا بدّ أن تتوفر في المفتي يريدون بها: المجتهد المطلق. و لا يريدون أنها لا بدّ أن تتوفر في كل من يريد أن يتدبر القرآنَ و يستفيد منه، ثمّ هي شروط لاستنباط الأحكام الغامضة الخفية، و ليست شرطا في فهم الأمور الواضحة مثل التوحيد و الشرك و الواجبات الظاهرة و المحارمات الظاهرة.
******************************************
Matan:
Dan Mujtahid itu adalah seorang yang disifati begini, begitu (menurut pemahaman mereka) sebagai sifat-sifat (yang sempurna) yang bisa jadi sifat-sifat itu tidak didapatkan secara sempurna pada diri abu bakar dan umar
******************************************
Mereka meletakan syarat-syarat bagi mujtahid mutlaq yang sungguh (sifat-sifat tersebut) tidak bisa didapatkan secara sempurna pada orang-orang yang mereka itu termasuk paling afhdolnya dari manusia semisal abu bakar dan umar, dan syarat-syarat ini mereka meletakannya dengan pemahaman mereka.
Allah ta'ala berfirma:
{ أَفَلَا يَتَدَبَّرُوْنَ الْقُرْآنَ} (النساء :٨٢)
"Apakah kemudian mereka tidak mentadaburi al-qur'an? "(An-Nisa:82)
ayat ini umum bagi kaum muslimin, semua orang memahami dari qur'an apa yang Allah mudahkan baginya. Sehingga orang awam dia sampai kepada apa yang dia mampu (pahami), dan pelajar dia itu sampai pada apa yang dia mampu (pahami), dan orang yang dalam ilmunya itu sampai pada apa yang dia mampu (pahami)
{ أَنْزَلَ مِنَ السَمَاءِ مَاءً فَسَالَتْ أوْدِيَةٌ بِقَدْرِهَا} ( الرعد: ١٧)
" Allah menurunkan air dari langit sehingga terisi lembah-lembah dengan takarannya"
setiap lembah mendapatkan takarannya dari genangan, seperti itu pula al-ilmu yang Allah menurunkannya, dan setiap hati itu mendapatkan dari ilmu dengan kadarnya, hati orang awam dan hati pelajar dan hati orang alim dan hati orang yang dalam ilmunya, setiap orang mendapatkan dengan kadarnya masing-masing, dan dengan kadar pemahaman yang Allah telah memberikannya. Adapun (perkataan) bahwa sesungguhnya seseorang tidak akan memahami kecuali mujtahid mutlaq maka pendapat ini tidaklah shohih.
Dan mereka mengatakan: upaya untuk memahami al-qur'an itu termasuk memberat-beratkan (diri) pada apa-apa
yang tidak dimiliki, serta syarat-syarat yang ulama telah menyebutkannya, lalu mereka berkata: "tidak ada pilihan selain bahwa engkau melimpahkan kepada mufti". mereka inginkan dengan mufti adalah mujtahid mutlaq. Dan mereka tidak menginginkan bahwa syarat-syarat itu pasti ada pada setiap orang yang ingin untuk mentadaburi Al-qur'an dan mengambil mafaat darinya, kemudian syarat-syarat itu (hanyalah digunakan untuk) istinbhat hukum-hukum yang samar-samar serta tersembunyi. Dan bukanlah dia itu syarat dalam memahami perkara-perkara yang jelas semisal tauhid dan syirik dan kewajiban-kewajiban yang jelas, dan hal-hal yang haram-haran yang jelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar