=================================
Matan:
الأَصْلُ السَّادِسُ
رَدُّ الشُبْهَاتِ الَّتِيْ وَضَعَهَا الشَّيْطَانُ فِيْ تَرْكِ الْقُرْآنِ وَ السُّنَّةِ وَ اِتِّبَاعِ الآرَاءِ وَ الْأَهْوَاءِ الْمُتَفَرِّقَةِ، وَ هِيَ أَنَّ الْقُرْآنَ وَ السُّنَّةَ لَا يَعْرِفُهُمَا إلَّا الْمُجْتَهِدُ الْمُطْلَقُ.
=================================
Syarah :
هذا هو الأصل الأخير و هو مهم جدًا، و هو أنهم يقولون: إنّا لا نعرف معاني الكتاب و السنة، و لا يمكن أن نعرفها إلا العلماء الكبار.
فيقال لهم: القرآن فيه أشياء الواضحة يعرفها العامي و يعرفها المتعلم، تقوم بها الحجة على الخلق، و فيه أشياء لا يعرفها إلا العلماء، و فيه أشياء لا يعلمها إلا الله سبحانه و تعالى.
نعم، يوجد في القرآن و السنة أمور لا يعرفها إلا المجتهد المطلق، لكن توجد أشياء كثيرة يعرفها العوام، و يعرفها المتعلم الذي حاز على قدر يسير من العلم، مثل قوله تعالى:
{ وَعْبُدُوْا اللهَ وَ لَا تُشْرِكُوْا بِهِ شَيْئًا } ( النسا: ٣٦)
و قوله: { إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ} ( المائدة: ٧٦)
و مثال :{ وَ لَا تَقْرَبوْاُ الزِنَّى} ( الإسراء : ٣٢)
و مثال : { قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ} ( النور : ٣٠)
هذه أمور واضحة يعرفها العامي إذا سمعها.
******************************************
Matan:
Azaz ke Enam
Membantah syubhat (kerancuan) yang syaithon meletakannya pada (perkara agar kita) meninggalkan alqur'an dan sunah dan (menyuruh) mengikuti pendapat-pendapat dan hawa nafsu yang bermacam-macam.
Dan dia (syubhat ini) adalah bahwa sesungguhnya al-qur'an dan sunah itu tidaklah seseorang memahami keduanya kecuali seorang mujtahid mutlaq.
******************************************
Syarah:
ini adalah azaz yang terakhir (dalam kitab ini) dan azaz ini sangat penting, dan azaz ini (dikarenakan) sesungguhnya mereka berkata: Sesungguhnya kami ini tidaklah memahami makna-makna qur'an dan sunnah, dan tidaklah mungkin kita memahami keduanya kecuali seorang ulama besar.
Maka dijawab kepada mereka: Al-qur'an itu di dalamnya ada hal-hal yang jelas yang orang awam bisa memahaminya, dan seorang pelajar bisa memahaminya yang hujah bisa tegak atas makhkuq, dan di dalamnya ada hal-hal yang tidak bisa seseorang memahaminya kecuali seorang ulama, dan di dalamnya ada hal-hal yang tidak seorangpun mengetahuinya kecuali Allah subhanahu wa ta'ala.
Ada benarnya (pendapat mereka), terdapat perkara-perakara di dalam al-qur'an dan sunnah yang tidak seseorang akan memahaminya kecuali seorang mujtahid mutlaq, akan tetapi terdapat pula hal-hal yang banyak yang orang awam bisa memahaminya dan (ada hal-hal) yang seorang pelajar yang dia memiliki sebagian ilmu pada takaran yang ringan dia bisa memahaminya, contohnya firman Allah ta'ala:
{ وَعْبُدُوْا اللهَ وَ لَا تُشْرِكُوْا بِهِ شَيْئًا } ( النسا: ٣٦)
" Dan kalian sembahlah Allah serta jangalan kalian serikatkan denga Dia sesuatupun" (An-Nisa : 36)
dan firman-Nya:
{ إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ} ( المائدة: ٧٦)
" Sesungguhnya orang yang menserikatkan Allah maka sungguh Allah haramkan kepadanya surga dan tempak kembalinya adalah neraka" (al-maidah : 76)
dan contoh :
{ وَ لَا تَقْرَبوْاُ الزِنَّى} ( الإسراء : ٣٢)
" Dan janganlah kalian mendekati jinah" (Al isra, 32)
dan contoh :
{ قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ} ( النور : ٣٠)
"Katakanlah kepada orang-orang mu'min agar mereka menjaga pandangan-pandangan mereka dan memelihara aurat-aurat mereka (dari apa-apa yang haram untuk mereka)" ( An-Nur : 30)
Ini adalah perkara-perkara yang jelas yang orang awam bisa memahaminya ketika dia mendengarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar