بَابُ الـعَطْفِ
والمراد به عطف النسق، وهو التابع المتوسط بينه وبين متبوعه أحد حروف العطف الآتية
(وحروف العطف عشرة، وهي : الواو)
نحو : جاء زيدٌ وعمرٌو، فجاء فعل ماض، وزيدٌ فاعل مرفوع بالضمة الظاهرة، وعمرٌو الواو حرف عطف، وعمرٌو معطوف على زيدٍ مرفوع بالضمة الظاهرة؛ فالمعطوف يتبع المعطوف عليه في إعرابه، سواء كان رفعاً أو غيره
(والفاء)
نحو : جاء زيدٌ فعمرٌو، فعمرٌو معطوف على زيد مرفوع بالضمة الظاهرة
(وثم)
نحو : جاء زيدٌ ثم عمرٌو
(و أو)
نحو : جاء زيدٌ أو عمرٌو
(وأم)
نحو : جاء زيدٌ، أم عمرٌو
(وإما)
نحو {فَإمَّا مَنَّاً بَعْدُ وإما فِدَاءًٍ} فقوله {فِداءً} معطوف على {منَّاً} والعاطف الواو الداخلة على إما، وإما أتى بها للدلالة على التقسيم والتخيير، والمصنف جرى على أن إما هي العاطفة وهو ضعيف، والراجح أن العاطف الواو (وبل) نحو : ما جاء زيدٌ بل عمرٌو
(ولا)
نحو : جاء زيدٌ لا عمرٌو
(ولكنْ) نحو : ما جاء زيدٌ لكنْ عمرٌو
(وحتى في بعض المواضع)
وذلك البعض هو ما كان ما بعدها بعضاً مما قبلها، نحو : أكلت السمكة حتى رأسَها، فحتى حرف عطف، ورأس معطوف على السمكة منصوب بالفتحة الظاهرة، والهاء مضاف إليه، وإعراب بقية الأمثلة ظاهرٌ
(فإنْ عطفتَ بها على مرفوع رفعتَ)
كما تقدم
(أو على منصوب نصبتَ، أو على مخفوض خفضتَ، أو على مجزوم جزمتَ، تقول : قام زيدٌ وعمرٌو، ورأيت زيداً وعَمْراً، ومررت بزيد وعمرٍو)
والإعراب ظاهر، ومثال العطف في الأفعال : زيدٌ يقومُ ويقعدُ، ولن يقومَ ويقعد
َ (وزيدٌ لم يقُمْ ولمْ يقعُدْ)
فالأوّل مرفوع، والثاني منصوب، والثالث مجزوم، والله سبحانه وتعالى أعلم .
__________________________________________
Bab Athof (sambungan)
dan yang dimaksud denganya adalah athof nasaq, dan dia adalah tabi' yang terpisahkan antara dia dengan matbunya (yang diikutinya) (oleh) satu dari huruf-huruf athof yang akan datang (penjelasannya),
{ dan huruf-huruf athof itu ada sepuluh, dan dia adalah (الواو) }
seperti (جاء زيدٌ و عمرُو), maka (جاء) adalah fi'il madhi, dan (زيدٌ) adalah fail yang marfu dengan dhomah yang nampak, (وَ عُمرُو) (الواو) adalah harf athof, dan (عمرو) adalah yang di athokan pada zaid yang marfu dengan dhomah yang nampak, maka ma'thuf itu mengikuti (معطوف عليه) yang diathofkan kepadanya dalam (hal) i'robnya, sama saja dia itu rofa maupun yang selainnya.
{ dan (الفاء) }
seperti (جاء زبدٌ فعمرو) telah datang zaid kemudian umar, maka (عمرو) adalah ma'thuf (yang diathofkan) kepada zaid yang marfu dengan dhomah yang jelas.
{ dan (ثُمَّ) kemudian}
seperti (جاء زبدٌ ثُمَّ عمرو)
{dan (أو) atau}
seperti (جاء زيدٌ أو عمرُو) (ada keraguan mengenai nama orang yang datang atau engkau ingin menyamarkannya dengan membawa orang lain dalam ceritamu)
{ dan (أمْ) atau}
seperti (جاء زيدٌ أمْ عمرُو) (ada keraguan mengenai nama orang yang datang atau engkau ingin menyamarkannya dengan membawa orang lain dalam ceritamu)
{ dan (إمَّا) adapun}
seperti (فَإمَّا مَنَّاً بَعْدُ وإما فِدَاءٍ) (maka bisa saja secara karunia setelahya dan bisa juga secara tebusan) maka perkataannya (فداءًٍ) adalah ma'thuf kepada (منَّأً) dan yang menghubungkan adalah (الواو) yang masuk kepada (إمَّا ), dan (إمَّا) itu dia datang dengannya untuk penunjukan atas pembagian atau pemberian pilihan, dan penulis itu beranggapan bahwa (إمَّا) itu adalah yang menghubungkan (athof) dan itu adalah dhoif/lemah, dan yang kuat (pendapatnya) sesungguhnya adalah (الواو) dan (بلْ)
seperti (ما جاء زيد بل عمرو)
{ dan (لا) }
seperti (ما جاء زيدٌ لا عمرو)
{ dan (لكنْ) }
seperti : (ما جاء زيدٌ لكنْ عمرٌو)
{ dan (حتى) pada sebagian tempat}
dan sebagian ini adalah apa yang
dia setelahnya itu adalah bagian dari apa yang sebelumnya, seperti (أكلتُ السمكة حتى رأسها), maka (حتى) adalah huruf athof, dan (رأسَ) adalah ma'thuf atas ( السمكة) yang manshub dengan fathah yang dzohir, dan (الهاء ) adalah mudhof ilaihi, dan i'rob dari misal-misal yang tersisa itu jelas.
{ maka apabila engkau athofkan dengannya kepada yang marfu, (maka) engkau rofakan}
seperti yang sudah lewat.
{ atau (engkau athofkan dia) kepada manshub (maka) engkau nashobkan, atau (engkau athofkan dia) kepada makhfudz (maka) engkau khofadzkan, atau (engkau athofkan dia) kepada yang mazjum (maka) engkau zajmkan, engkau katakan: (قام زيدٌ و عمرُو) dan (رأيتُ زيدًا و عمرًا) dan (مررتُ بزيدٍ و عمرِو) }
dan i'robnya itu jelas, dan misal dari athof pada fi'il-fi'il (زيدٌ يقومُ و يقعدُ) dan ( لنْ يقومَ و يقعدَ)
{ dan (زيدٌ لمْ يقمْ و لم يقعدْ) }
maka yang pertama itu marfu dan yang kedua itu manshub, dan yang ketiga itu mazjum, dan Allah maha suci dia serta maha tinggi lebih mengetahui.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar