(والفعل يعرف : بقد، والسين، وسوف، وتاء التأنيث الساكنة)
يعني أن الفعل يتميز عن الاسم والحرف بدخول قد عليه، وتدخل على الماضي نحو : قد قامَ زيدٌ، وعلى المضارع، نحو : قد يقومُ زيدٌ، فكلٌ من قام ويقوم فعلٌ لدخول قد عليه، والسين وسوف يختصَّان بالمضارع، نحو : سيقومُ زيدٌ، وسوف يقومُ زيدٌ، فيقوم فعلٌ مضارعٌ لدخول السين وسوف عليه، وتاء التأنيث الساكنة تختص بالماضي، نحو : قَامَتْ هِندٌ فقام فعل ماضٍ لِلُحوق التَّاءِ له .
__________________________________________
{Dan fi'lun (fi'il) diketahui: dengan qod(قد) dan sin (السين) dan saufa (سوف) dan Ta ta'nist yang sukun ( huruf Ta yang menunjukan fail perempuan)}
Penulis maksudkan sesungguhnya fi'il itu terbedakan dari isim dan harf dengan masuknya qod kepadanya, dan dia masuk pada (fi'il) madhi (fi'il yang telah lalu) seperti (قد قام زيد ) sungguh zaid sudah berdiri, dan (masuk juga qod) pada (fi'il) mudhori (fi'il yang menunjukan pekerjaan sekarang atau yang akan terjadi), seperti : (قَدْ يَقُوْمُ زَيْدٌ) sungguh zaid berdiri (sekarang atau nanti), maka tiap-tiap qooma dan yaquumu adalah fi'il karena masuknya qod padanya. Dan sin dan saufa (س و سوف) keduanya dikhususkan untuk (fi'il) mudhori' , seperti : (سيقوم زيد، سوف يقوم زيد) akan berdiri zaid (dengan sin jeda waktunya lebih sedikit daripada dengan saufa , namun kepastian akan terjadinya fi'il lebih kuat dengan saufa)
maka (يقوم) adalah fi'il mudhori' karena masuknya sin dan saufa kepadanya. dan Ta ta'nist sakinah dia khusus (menyertai) dengan (fi'il) madhi seperti (قامت هند) maka (قام) adalah fi'il madhi karena penyertaan (huruf) Ta (sakin) padanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar