(وللخفض ثلاث علامات : الكسرة، والياء، والفتحة)
علامات الخفض ثلاث، واحدة منها أصلية، وهي الكسرة نحو : مررت بزيدٍ، واثنان نائبان عنها، وهي الياء نحو : مررت بأخيك والزَّيْدَيْن والزَّيْدِن، والفتحة نحو : مررت بإبراهيمَ
(فأما الكسرة فتكون علامة للخفض في ثلاثة مواضع : في الاسم المفرد المنصرف، وجمع التكسير المنصرف، وجمع المؤنث السالم)
فالاسم المفرد نحو : مررت بزيدٍ والفتى، وجمع التكسير نحو : مررت بالرجالِ والأسارى والهنودِ، وجمع المؤنث السالم نحو : مررت بالهنداتِ، والمنصرف معناه الذي يقبل الصرف، والصرف هو التنوين، وللأسماء التي تقبل التنوين أو لا تقبله علامات تعرف بها، تطلب من المطوّلات
(وأما الياء فتكون علامة للخفض في ثلاثة مواضع : في الأسماء الخمسة، والتثنية، والجمع)
يعني أن هذه المواضع الثلاثة تكون الياء فيها علامة على الخفض نيابة عن الكسرة، فالأسماء الخمسة نحو : مررت بأبيك، وأخيك، وحميك، وفيك، وذي مالٍ، فكلها مجرورة بالباء، وعلامة الجر فيها الياء نيابة عن الكسرة، والتثنية بمعنى المثنى نحو : مررتُ بالزيْدَيْنِ، فالزيْدَيْنِ مجرور بالباء، وعلامة الجر فيه الياء المفتوح ما قبلها المكسور ما بعدها نيابة عن الكسرة، والنون عوض عن التنوين في الاسم المفرد والجمع نحو : مررت بالزيْدِينَ، فالزيدينَ مجرور بالباء وعلامة جره الياء المكسور ما قبلها المفتوح ما بعدها، والنون عوض عن التنوين في الاسم المفرد
(وأما الفتحة فتكون علامة للخفض في الاسم الذي لا ينصرف)
يعني أن الاسم الذي لا يَنصَرِف إنما يعرف خفضه إذا دخل عليه عامل الخفض بالفتحة، فيكون مجروراً بالفتحة نيابة عن الكسرة، نحو : مررتُ بأحمدَ، وإبراهيمَ، فكل منهما مجرور بالباء وعلامة جره الفتحة نيابة عن الكسرة لأنه اسم لا ينصرف، أي لا ينون، لأن الصرف هو التنوين، وللاسم الذي لا يَنصَرِف أقسام كثيرة، وله حدود وعلامات يعرف بها، تطلب من المطوّلات، فإن المبتدئ يكفيه في أول الأمر أن يتصوره إجمالاً
__________________________________________
{dan untuk khofadz ada tiga alamat: alkashroh dan ya dan fathah}
alamat dari khofadz ada tiga satu darinya merupakan asliyah (asas), dan dia adalah kashroh, seperti (مررتُ بزيدٍ), dan dua (buah alamat) yang menggantikannya (menggantikan kashroh), dan dia adalah (الياء) seperti, (مررتُ بأخيكَ وزيديْنِ و زيديْنَ) , dan fathah, seperti (مررتُ ب إبراهيمَ)
{dan adapun kashroh maka dia adalah alamat untuk khofadz pada 3 tempat: pada isim mufrod munshorif, dan jamak taksir yang munshorif, dan jamak muannast salim}
maka isim mufrad itu seperti: (مررت بزيدٍ والفتى،), dan jamak taksir itu seperti (مررت بالرجالِ والأسارى والهنو) , dan jamak muannast salim itu seperti (مررت بالهنداتِ) dan munshorif itu maknanya adalah yang menerima shorof, yaitu tanwin, dan bagi isim-isim yang menerima tanwin atau yang tidak menerima tanwin itu ada tanda-tanda (dan ada kaidahnya) yang dengannya dia diketahui, yang akan dipelajari dari (kitab) yang panjang (luas pembahasannya).
{dan adapun ya maka dia adalah alamat untuk khofadz pada tiga tempat: pada asmaul khomsah, dan tastniyah, dan jamak}
penulis maksudkan sesungguhnya tempat tempat yang tiga ini padanya ya menjadi alamat untuk nashob sebagai pengganti dari kashroh, maka (pada) asmaul khomsah itu seperti (مررت بأبيك، وأخيك، وحميك، وفيك، وذي مالٍ) dan semuannya itu majrur oleh (الباء) dan alamat dari jar nya adalah ya sebagai pengganti dari kashroh, dan tastniyah itu bermakna mutsanna seperti (مررتُ بزيدَيْنِ) maka (زيدينِ) itu majrur oleh ba dan alamt jar padanya adalah ya yang difathahkan apa yang sebelumnya dikashrohkan apa yang setelahnya, sebagai pengganti dari kashroh, dan nun adalah pengganti tanwin pada isim mufrad.
{dan adapun fathah maka dia adalah alamat untuk khofadz pada isim laa yanshorif (isim yang tidak menerima tanwin)}
penulis maksudkan sesungguhnya isim yang laa yanshorif hanya saja diketahui khofadznya ketika masuk kepadanya amil khofadz dengan fathah, maka dia itu majrur dengan fathah sebagai pengganti kashroh, seperti (مررتُ بأَحْمَدو إبراهيمََ) maka keduanya adalah majrur oleh ba dan alamat jarnya adalah fathah sebagai pengganti kashroh karena sesungguhnya keduanya adalah isim laa yanshorif, yaitu tidak menerima tanwin, karena sesungguhnya shorf itu adalah tanwin, dan bagi isim2 laa yanshorif itu ada jenis-jenis yang banyak, dan baginya ada batasan-batasan (dimana dia dimajrurkan dengan fathah yang ketika batasan itu dilewati dia kembali dimajrurkan dengan kashroh) dan tanda-tanda yang dengannya isim laa yanshorif diketahui, yang dipelajari dari (kitab) yang panjang (luas pembahasannya), karena sesungguhnya pemula (orang yang baru memulai mempelajari nahwu) mengertinya dia secara umum (tidak terperinci) mencukupi dia pada awal perkara (ini).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar