بـَابُ الاسْتِثْنَاءِ
هو الإخراج بإلا أو إحدى أخواتها
(وحروف الاستثناء ثمانية، وهي : إلا)
نحو : قام القوم إلا زيداً، فقام القوم فعل وفاعل، وإلا أداة استثناء، وزيداً منصوب بإلا على الاستثناء
(وغير)
نحو : قام القوم غير زيدٍ، فغير منصوب على الاستثناء، وزيد مضاف إليه
(وسِوى وسُوى وسَوَاءٌ)
نحو : قام القوم سوى زيدٍ، فسوى منصوب على الاستثناء بفتحة مقدرة على الألف للتعذر، وزيدٍ مضاف إليه
(وخلا ، وعدا ، وحاشا)
نحو : قام القوم خلا زيداً، وعدا عمراً، وحاشا بكراً، فخـلا فعل ماضٍ، وفاعله ضمير يعود على القائم المفهوم من قام القوم وزيداً منصوب على المفعولية بخلا، وهو استثناء في المعنى إذ المعنى إذا جاوز القائم زيداً أي خالفه. فهو بمنزلة قام القوم إلا زيداً، ومثله عدا عمراً وحاشا بكراً
(فالمستثنى بإلا يُنْصَبُ إذا كان الكلام تاماً موجباً)
التام هو الذي ذكر فيه المستثنى والمستثنى منه، والموجب هو المثبت أي الذي لم يدخله نفي ولا نهي ولا استفهام
(نحو : قام القوم إلا زيداً)
فقام القوم فعل وفاعل، وإلا أداة استثناء، وزيداً منصوب على الاستثناء بإلا
(وخرج الناس إلا عَمْراً)
هو مثله في الإعراب، وكل من المثالين تام موجب يجب فيه نصب المستثنى، فإن كان المستثنى من جنس المستثنى منه يسمى الاستثناء متصلاً كالمثالين وإن كان من غير جنسه يسمى منقطعاً نحو : قام القوم إلا حماراً
(وإن كان الكلام منفياً تاماً، جاز فيه البدل والنصب على الاستثناء)
يعني أن الكلام التام إذا تقدمه نفي، ومثله شبه النفي كالنهي والاستفهام جاز في المستثنى النصب على الاستثناء، والإتباع على البدلية وهو المختار، فالنفي
(نحو : ما قام القومُ إلا زيدٌ)
بالرفع بدل من القوم بدل بعض من كل، والعائد مقدر أي منهم
(وزيداً) بالنصب على الاستثناء، ومثال النهي : لا يقم أحدٌ إلا زيدٌ، وإلا زيداً، ومثال الاستفهام : هل قام القوم إلا زيدٌ، وإلا زيداً، ومحل جواز الأمرين إذا كان الاستثناء متصلاً، فإن كان منقطعاً وجب النصب وإن تقدمه نفي أو شبهه، نحو : ما قام القوم إلا حماراً، ولا يجوز إلا حمارٌ بالرفع، هذا مذهب جمهور العرب، وأجاز بنو تميم فيه الإبدال أيضاً
(وإن كان الكلام ناقصاً كان على حسب العوامل)
يعني إذا كان الكلام ناقصاً بعدم ذكر المستثنى منه كان المستثنى على حسب العوامل التي قبله
(نحو : ما قام إلا زيدٌ)
فما نافية، وقام فعل يطلب فاعلاً، وإلا أداة استثناء ملغاة لا عملَ لها، لأن ما قبلها يطلب ما بعدها، وزيدٌ فاعل
(وما ضَرَبْتُ إلا زيداً)
فزيداً مفعول ضربت، وإلا ملغاة لا عمل لها
(وما مررت إلا بزيدٍ)
فزيد مجرور بالباء ، وإلا ملغاة لا عمل لها، والجار والمجرور متعلق بمررت
(والمستثنى بغير، وسِوى، وسُوى، وسَوَاءٍ مجرور لا غير)
يعني أن المستثنى بهذه الأدوات الأربعة يجب جره بإضافتها إليه، وأما هي فلها حكم المستثنى بإلا السابق من وجوب النصب مع التمام والإيجاب، نحو : قام القوم غيرَ زيدٍ، وأرجحية الإتباع مع التمام والنفي في المتصل، نحو : ما قام القومُ غيرُ زيدٍ، برفع غير على البدلية، ونصبها على الاستثناء .ووجوب النصب في المنقطع عند غير تميم، نحو : ما قام القوم غير حمارٍ، ومن الإجراء على حسب العوامل في الناقص نحو : ما قام غيرُ زيدٍ، وما رأيت غيرَ زيدٍ، وما مررت بغيرِ زيد، وهكذا حكم سِوى وسُوى وسواء في الجميع
(والمستثنى بخلا، وعدا، وحاشا، يجوز نصبه وجره، نحو : قام القومُ خلا زيداً)
بنصب زيداً على أن خلا فعل ماض، وفاعلها مستتر يعود على القائم المفهوم من قام القوم، وزيداً مفعول به (وزيدٍ) بالجر على أن خلا حرف جر
(وعدا عمراً، وعمرٍو، وحاشا زيداً وزيدٍ)
بالنصب والجر في المثالين نظير الأول، والحاصل أن المستثنى بهذه الكلمات الثلاث يجوز نصبه بها على تقديرها أفعالاً، وجره على تقديرها حروفا، والله سبحانه وتعالى أعلم .
__________________________________________
Bab Al-istitsna (pengecualian)
Dia adalah pengeluaran dengan (إلَّا) atau salah satu dari saudara-saudaranya.
{ dan huruf-huruf istisna ada delapan, dan dia adalah :( إلَّا) kecuali}
seperti (قام القومُ إلَّا زيدًا) telah berdiri kaum tersebut kecuali zaid, maka (قام القوم) adalah fi'il dan fail, dan (إلَّا) adalah adat/alat ististna, dan (زيدًا) itu dinashobkan oleh (إلَّا) atas ististna.
{ dan (غَيْرُ) yang bukan/kecuali }
seperti (قام القوم غير زيدٍ ), maka (غيرَ) itu dinashobkan atas istisnna, dan (زيدٍ) adalah mudhof ilaihi,
{ dan (سِوَى ) dan (سُوى) dan (سَواء) (semuanya bermakna kecuali}
seperti (قام القوم سوى زيدٍ) telah berdiri kaun tersebut kecuali zaid, maka (سوى) itu donashobkan atas istisna dengan fathah muqodar pada alif karena ta'adzur, dan (زيد) adalah mudhof ilaihi.
{ dan (خلا), dan (عدا) dan (حشا) }
seperti (قام القوم خلا زيدًا و عدا عمرو، و حشا بكرًا), maka (خلا) adalah fi'il madhi dan failnya adalah dhomir yang kembali kepada (القائم ) (yang berdiri) yang difahami dari (قام القوم ), dan (ًزيدا) itu dinashobkan atas maf'uliyah oleh (خلا) dan dia itu adalah istisna secara makna jika maknanya adalah "di waktu kaum tersebut menyelisihi zaid" yaitu berbeda dengannya. maka dia itu dalam posisinya (lafadz) (قام القومُ إلّا زيدًا), dan semisalnya (عدا عمرَا ) dan (حشا بكرًا)
{maka mustastna dengan (إلَّا) itu dinashobkan ketika kalamnya adalah sempurna dan muzab (bukan kalimat negatif/larangan)}
sempurna itu adalah yang mustasna (yang dikecualikan) dan mustasna minhu (dikecualikan darinya) itu disebutkan,
dan yang muzab adalah menetapkan yaitu yang penafian tidak memasukinya dan tidak juga nahi (larangan) dan tidak pula istifham (pertanyaan).
{ seperti (قام القوم إلَّا زيدًا) }
maka (قام القوم) adalah fi'il dan fail, dan (إلَّا) adalah alatnya ististna, dan (زيدًا) itu dinashobkan atas ististna oleh (إلَّا).
{ dan (خرج الناسُ إلَّا عمرَا) }
dia (jumlah diatas) itu semisalnya dalam i'rob, dan tiap dari dua misal tsb adalah lengkap dan muzab, wajib padanya panashoban mustastna, maka apabila mustastna itu adalah dari jenis mustastna minhunya dinamakan dia mustastna mutashil seperti dua contoh, dan apabila dia itu dari yang selain jenisnya dinamakan dia munqothi'an, seperti (قام القوم إلَّا حمارًا) telah berdiri kaum itu kecuali keledai.
{ dan apabila kalam itu manfiy yang lengkap/sempurna, boleh berlaku badal dan penashoban padanya}
penulis memaksudkan bahwa sesungguhnya kalam yang lengkap ketika nafiy dan yang semisalnya yaitu syibhul nafyi (yang menyerupainya) seperti nahyi dan istifham bolehlah atas mustantsna penashoban dan mengikuti atas (karena dia adalah) badal (pada yang sebelumnya) dan ini yang dipilih, maka nafyi itu :
{seperti (ما قام القوم إلَّا زيدٌ) tidak berdiri kaum tsb kecuali zaid}
dengan perofaan (yaitu) badal dari (القومُ) (yaitu) badal ba'adh min kulli, maka yang kembalinya itu adalah (منهم) dari mereka.
{ dan (زيدًا) }dengan penashoban atas ististna. Dan misalnya nahyi (لا يقم أحدٌ إلَّا زيدٌ) dan (إلَّا زيدًا) dan misalnya istifham ( هل قام القوم إلّا زيدٌ) dan (إلَّا زيدًا) dan posisi bolehnya dua perkara ini adalah ketika mustastna itu mutashil, maka apabila dia (yaitu mustansna) itu munqathi' wajib penashoban walaupun jika nafyi atau syibhu nafyi mendahuluinya, seperti (ما قام القوم إلَّا حمارًا) dan tidak diperbolehkan (إلَّا حمارٌ) dengan perofaan (mustastna). Ini adalah pendapat jumhur (ulama yang banyak) dari arab, dan bani tamim membolehkan ibdal padanya juga (mustasna sebagai badal walaupun munqathi).
{ dan apabila kalamnya adalah naqish (maka) dia itu tergantung amil-amil}
penulis memaksudkan ketika kalamnya adalah naqish dengan kosongnya penyebutan mustastna minhu (maka) mustastna itu bergantung amil-amil yang sebelumnya, seperti:
a { (ما قام إلَّا زيدٌ) tidaklah berdiri kecuali zaid}
maka (ما) adalah penafi, dan (قام) adalah fi'il yang menuntut kepada fail, dan (إلَّا) adalah alat istisna secara batal yang tidak ada amal baginya, karena ssungguhnya apa yang sebelumnya itu menuntut kepada apa yang setelahnya, dan (زيدٌ) adalah fail.
{ dan (ما ضربْتُ إلَّا زيدًا) tidaklah aku memukul kecuali kepada zaid}
maka (زيدًا) adalah maf'ulnya (ضربْتُ)
{ dan (ما مررتُ إلَّا بزيدٍ) tidaklah aku melewati kecuali kepada zaid}
maka (زيد) itu majrur (di jarkan) oleh (الباء), dan (إلَّا) itu batal yang tidak ada amal baginya, dan jar bersama majrurnya itu dikaitkan kepada (مررتُ).
{ dan mustasna oleh (ِغير) dan (سِوَى) dan (سُوى) dan (سواءٍ) itu majrur tidak ada yang selainnya}
penulis memaksudkan bahwa sesungguhnya mustasna oleh adat-adat yang empat ini wajib jarnya, dengan pengidhofahanya (mustasna) kepadanya (kepada adat-adat tersebut) dan adapun (untuk hukum i'rob adat-adat tersebut) maka baginya adalah hukumnya mustasna oleh (إلَّا ) yang telah lewat, dengan wajibnya panashoban bersama (kalam yang) sempurna dan muzab, seperti (قام القومُ غيرَ زيدٍ), dan lebih kuatnya adalah mengikuti (jika) bersama (kalam yang) sempurna dan nafiy pada (mustasna yang) mutashil, ssperti (ما قام القومُ غيرُ زيدٍ) dengan perofaan (غير) karena kebadalan dan penashoban karena istisna, dan wajibnya nashob pada (mustasna yang) munqathi bagi yang selain (bani) tamim, seperti (ما قام القوم غيرَ حمارٍ) dan dari pelaksanaan (i'rob yang bergantung) atas amil-amil pada (kalam) naqish itu sepert: (ما قام غيرُ زيدٍ) dan ( ما رأيتُ غيرَ زيدٍ) dan (ما مررتُ بغيرِ زيدٍ). Dan seperti itu hukumnya (سوى ) dan (سُوى) dan (سواء) pada semuanya.
{ dan mustasna oleh (خلا) dan (عدا) dan (حشا) itu boleh penashobannya, dan pen-jarnya, sepert(قام القومُ خلا زيدًا)}
dengan penashoban (زيدًا) karena sesungguhnya (خلا) adalah fi'il madhi, dan failnya itu mustatir (tersembunyi) yang kembali kepada (القائم) yang difaham dari (lafadz) (قام القومُ), dan (زيدًا) adalah maf'ul bih (sehingga memiliki makna ( خلا القائم زيدًا) yang berdiri tanpa zaid), dan (زيدٍ) dengan pen-jaran karena sesungguhnya (خلا) (juga) adalah harfu jar (sehingga (خلا) bermakna kecuali).
{ dan (عدا عمرًا، و عمرٍو) dan (حشا زيدًا ، و زيدٍ)}
dengan penashoban dan pen-jaran dalam dua contoh seperti pada (contoh) pertama, dan kesimpulannya adalah bahwa sesungguhnya mustasna dengan kalimah-kalimah yang tiga ini adalah boleh penashobannya oleh (kalimah-kalimah ini) karena taqdir mereka sebagai fi'il-fi'il, dan (boleh juga) pen-jarannya karena taqdir mereka sebagai harf,
والله سبحانه وتعالى أعلم .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar